About

Saturday, 10 March 2012

Kacang Polong, Sumber Protein Nabati Yang Kaya Serat



Kacang Polong, Sumber Protein Nabati Yang Kaya Serat

Kacang polong alias ercis bisa kita temikan dalam sajian sup, nasi goreng, fuyunghai, dan juga sebagai campuaran bermacam-macam masakan seperti tumisan. Nah, kali ini kita akan mengupas nutrisi di dalam kacang polong beserta manfaatnya untuk kesehatan.





#Kandungan Gizi Kacang Polong

Sumber Protein Nabati
Kacang polong merupakan sumber protein nabati yang baik dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan protein anda sehari-hari.

Kaya Serat
Setiap 100 gram kacang polong rebus mengandung 8,3 gram serat yang memenuhi 33% kebutuhan serat harian anda.

Sumber Vitamin
Kacang polong rebus mengandung berbagai vitamin seperti Folat yang penting untuk ibu hamil, dan mencegah cacat pada janin, thianin, yang dibutuhkan untuk metabolisme energi dan aktivitas sistem saraaf, vitamin K untuk pembentukan dan perbaikan struktur tulang, asam pantotenat untuk proses pemecahan glukosa, asam lemak dan metabolisme energi, niasin untuk menetralisir racun dan membantu sistem pencernaan, serta Riboflafin yang berperan dalam produksi energi.

Sumber Mineral
Selain kaya protein, serat, dan vitamin, kacang polong juga merupakan sumber dari berbagai macam mineral, mulai dari mangan, mineral yang membantu metabolisme karbohidrat, aktivitas enzim serta kesehatan sendi, fosfor yang berperan dalam metabolisme zat gizi, mulai dari karbohidrat , lemak dan protein. Kacang polong juga merupakan sumber kalium yang baik, dimana mineral ini dibutuhkan untuk menjaga keseimbangan elektrolit dan daya kerja tubuh. Tak hanya itu, kacang polong juga kaya akan magnesium, yang diperlukan dalam pembentukan sel darah merah dan tulang, zat besi yang digunakan untuk pembentukan sel darah merah dan tulang, zat besi yang berguna dalam pembentukan sel darah merah dan otot, serta zinc alias seng, yang juga penting dalam proses pembentukan sel darah merah dan tulang kita.


Tips Memilih, Menyimpan dan mengolah Kacang Polong
  • Pilih lah kacang polong yang permukaanya halus, bewarna hijau cerah dan segar
  • Letakkan kacang olong di wadah kedap udara dan masukkan dalam lemari pendingin
  •  Siapkan air mendidih dengan tambahan garam di dalamnya. Lalu masukkan kacang polong. Masak selama 1 menit. Jangan memasak kacang polong terlalu lama. Setelah matang , tiriskan.
Kacang polong merupakan salah satu makanan nabati sarat nutrisi yang mudah kita jumpai. Untuk itu, pastikan kacang polong vmasuk dalam daftar makanan sehat anda sehari-hari.

Reactions:

0 comments:

Post a Comment